World Wood Day (WWD) 2015, Eskişehir Turkey
01 April 2015

World Wood Day (WWD) merupakan acara budaya tahunan yang dirayakan untuk menyoroti kayu sebagai biomaterial ramah lingkungan dan meningkatkan kesadaran tentang bagaimana kayu memainkan peran penting untuk masa depan yang berkelanjutan melalui keanekargaman hayati dan konservasi hutan. Selain itu, perayaan ini akan mengingatkan manusia akan pentingnya dan nilai dari kayu serta dapat bertanggung jawab dalam penggunaanya.

WWD dilaksanakan pada hari yang sama dengan International Day Forest yaitu setiap tanggal 21 Maret, yang secara resmi diakui oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2013. Perayaan WWD resmi diadakan pertama kali di Tanzania pada tahun 2013 dengan tema “ A Cultural Approach to Achive Wood is Good”. Pada tahun 2014, WWD diadakan di Xianyou County, Provinsi Fujian China dengan tema “Wood in a Changing Cultural”.

Perayaan International WWD 2015 diselenggarakan di Eskişehir – Turki dengan tema “Wood & Humanity”. Tema ini dimaksudkan untuk menemukan kembali dan mengakui kontribusi dan keindahan kayu serta mengingat dan memikirkan kembali makna dalam masyarakat. Perayaan ini diadakan pada tanggal 17 – 27 Maret 2015, dan diikuti oleh lebih dari 50 negara dan wilayah yang masing-masing telah diwakilkan.

Di Indonesia, diwakilkan oleh Dia Virgo Artadinata (peraih medali perak di ASEAN Skills Competition X di Vietnam 2014) di bidang Furniture Making dan Bapak Legiman (Jepara) dari bidang Ukir Kayu. Kegiatan WWD 2015 meliputi symposium, kegiatan kerajinaan kayu, acara kayu dan pendidikan anak-anak, penanaman pohon, pameran, pertunjukkan berbagai alat musik kayu dan kegiatan lain yang menampilkan interaksi positif antara manusia dan kayu. Setiap orang yang hadir di sini menyambut baik dan terlibat dalam acara perayaan ni, sehingga secara pribadi akan mengalami “Wood is Good”.

Copyright © P3IK PIKA 2012 Tuesday, 22-08-2017